Tips Memilih Pagar Rumah Minimalis

pagar rumah minimalis

Inspirasirumah123.com – Tidak lengkap rasanya jika rumah tidak memiliki pagar. Walapun pagar rumah bukan suatu komponen yang utama. Namun pagar rumah memiliki fungsi sebagai pelindung rumah agar rumah Anda aman dari segala kejadian yang tidak diinginkan. Pagar rumah merupakan salah satu aspek yang dapat memberikan kelengkapan dari sebuah rumah. Pagar juga dapat memaksimalkan tampilan keindahan dari rumah Anda. Pemilihan pagar rumah yang tepat dapat membuat penampilan rumah lebih indah dan serasi.

Nilai lebih dari pagar hanya dapat diperoleh dengan pemilihan pagar yang tepat dengan desain yang menyatu dengan rumah. Pagar yang tidak sesuai dengan konsep atau desain rumah Anda dapat mengurangi nilai keindahan rumah tersebut. Kebanyakan orang lebih memilih pagar dengan pertimbangan harga pagar rumah daripada keserasian. Padahal ada hal lain yang harus di pertimbangkan saat menentukan pagar rumah. Berikut beberapa tips penting yang perlu diketahui dalam memilih pagar rumah minimalis Anda, antara lain:

Sesuaikan Dengan Desain Bangunan

Ada berbagai macam desain untuk rumah seperti desain minimalis, klasik, country, victoria, rustic dan masih banyak lagi. Lebih baik Anda menentukan desain rumah terlebih dahulu setelah itu baru menentukan desain untuk pagar yang tepat untuk bangunan rumah Anda. Jika rumah Anda berkonsep minimalis sebaiknya hindari pilihan pagar dengan banyak ukiran-ukiran yang lebih tepat digunakan untuk desain rumah klasik atau victoria. Sesuai dengan konsep rumah minimalist, maka pilihlah bentuk pagar yang geometris dan simpel agar menyatu dengan bangunan Anda.

Perhatikan Ukuran Rumah

Ukuran rumah bukan menjadi masalah dalam memiliki sebuah rumah. Namun sebaiknya Anda lebih jeli dalam memilih pagar rumah. Rumah dengan ukuran mungil maka Anda bisa memilih pagar rumah yang memiliki tinggi tidak lebih dari 1-1,5 m. Tetapi apabila Anda memiliki bangunan rumah yang besar, maka sebaiknya menggunakan pagar yang tinggi. Hal ini untuk menjaga keserasian dan proporsionalitas antara bangunan dan pagar rumah yang dimiliki. Adapun seberapa besar ukuran pagar rumah yang Anda buat nantinya berpengaruh pada harga pagar yang harus dibayar.

Menyesuaikan Material Pagar

Perhatikan material yang Anda gunakan untuk pagar rumah minimalist Anda. Pada umumnya, material pagar yang digunakan terbuat dari bahan kayu, besi hollow, besi cor, batu hias, dan stainless. Kebanyakan orang menggunakan pagar dengan bahan besi, sedangkan untuk pagar yang mempunyai banyak motif, bentuk, atau juga model biasanya orang menggunakan kombinasi dari semua bahan tersebut. Semakin besar pagar yang Anda inginkan, maka akan semakin mahal pula harga yang harus dibayar. Hal ini karena material yang Anda butuhkan semakin banyak. Bila memang pagar yang dibuat harus berukuran besar, Anda dapat mengkombinasikan beberapa material seperti tembok dengan besi seperlunya untuk menekan anggaran pembuatan pagar.

Pilih Jenis Yang Berkualitas

Pilihlah pagar yang kuat, karena kekuatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Banyak sekali bahan seperti kayu yang mudah rusak atau lapuk. Solusinya Anda bisa menggunakan pagar berbahan besi maupun beton agar tidak mudah lapuk. Sebaiknya pilihlah pagar yang mudah perawatannya. Beberapa bahan pagar memang tahan lama tetapi juga menimbulkan banyak masalah seperti berkarat pada besi. Hal ini tentu membutuhkan perhatian ekstra terhadap pagar dengan bahan besi ini.

Itulah beberapa tips dan saran penting dalam memilih pagar rumah minimalis yang baik untuk hunian Anda. Pilihlah jenis pagar yang sesuai dengan konsep bangunan rumah Anda. Jangan lupa pilih warna yang tepat agar tampilan exterior rumah Anda terlihat cantik dan menawan. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Leave a Reply

Required fields are marked*